Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan
Ditulis pada tanggal 14 Oktober 2014, oleh operator penyakit

Jurusan merupakan unit pelaksana akademik yang melaksanakan pendidikan akademik dan/atau professional dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu. Jurusan memiliki perangkat-perangkat kelengkapan baik SDM maupun SDA, seperti: laboratorium, dosen yang mengajar, staf administrasi, dan ruang kelas untuk perkuliahan.

Pada tahun 1978 di Jurusan Hama & Penyakit Tumbuhan (HPT) FP-UB dimulai Pendidikan Strata 1 dengan menggunakan sistem SKS yang dapat ditempuh selama 4 tahun. Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman (IHPT) dalah satu-satunya Program Studi yang ada di Jurusan HPT hingga saat ini.

PS IHPT berdiri pada tanggal 24 September 1984 berdasarkan Kep. Dikti No. 118.DIKTI/KEP/1984. Saat ini PS IHPT terakreditas A dan merupakan salah satu Program Studi yang keberadaannya memberikan kontribusi nyata yang besar bagi pembangunan pertanian di Indonesia melalui program-programnya yang diimplementasikan di masyarakat dan petani binaan. Pada tahun 2008, program studi yang ada di Jurusan HPT, BP, dan Tanah bergabung menjadi PS Agroekoteknologi. PS IHPT masih ada hingga tahun 2011, namun setelah tahun itu PS IHPT tidak diperpanjang lagi.

Laboratorium Penyakit Tumbuhan merupakan salah satu dari dua laboratorium yang dimiliki oleh PS IHPT. Laboratorium penyakit tumbuhan terdiri dari beberapa sub laboratorium, yaitu lab. Bakteriologi, lab.Bioteknologi, lab.Mikologi, dan lab. Virologi.

Back to top