Kekuatan (Strengths)

  1. Kualifikasi personil pimpinan baik, memahami fungsi dan tugasnya
  2. Penentuan kebijakan dibuat pada rapat jurusan
  3. Pimpinan lembaga dipilih secara demokratis sesuai aturan
  4. Perencanaan dan pengembangan program dilakukan secara berjenjang, dari unit bawah ke unit atas dan dilakukan dengan acuan hasil evaluasi internal
  5. Jaminan mutu jurusan dilakukan melalui evaluasi internal
  6. Dosen dikelola dengan sistem pemanfaatan bersama (human resourches sharing)
  7. Kualifikasi dosen sudah baik
  8. Tenaga pendukung di Jurusan cukup memadai, terdiri dari 4 tenaga administrasi, 2 PLP, 2 laboran, dan 2 pembantu umum
  9. Mahasiswa aktif di dalam himpunan Jurusan (HIMAPTA) maupun organisasi profesi (PEI, PFI, PERNEMI, HPTI)
  10. IPK lulusan cukup tinggi (3.0 – 3.6)
  11. Lulusan berkompeten mengisi lowongan kerja yang sesuai dengan bidang ilmu pertanian atau berwirausaha
  12. Lulusan cukup mampu bersaing di pasar kerja, 25 % lulusan sudah bekerja dengan masa tunggu kerja 1 – 6 bulan
  13. Tersedia forum komunikasi untuk memelihara interaksi antar civitas akademika dalam menciptakan iklim yang mendorong kegiatan akademik
  14. Ada kegiatan PKM dan PMW
  15. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen cukup tinggi
  16. Produktivitas penelitian dosen cukup dan kualitas baik seiring pemanfaatan dana
  17. Banyak mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen untuk skripsi
  18. Terjalin hubungan kemitraan penelitian dengan lembaga lain dan swasta
  19. Terselenggaranya seminar-seminar dan kuliah tamu dengan nara sumber tingkat nasional dan internasional yang kontinyu
  20. Tersedianya fasilitas komputer dan jaringan internet yang memadai dan dapat diakses setiap saat oleh civitas akademika
  21. Produktivitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat cukup baik
  22. Beberapa mahasiswa terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen.
  23. Ada dana berasal dari anggaran pembangunan rutin (DPP/SPP), potongan proyek penelitian dosen dan pendapatan yang diperoleh laboratorium dari jasa layanan
  24. Ada alokasi dana untuk pengelolaan dan pengembangan institusi, peningkatan sarana PBM, peningkatan suasana akademik dan peningkatan kegiatan mahasiswa
  25. Kecukupan penggunaan dana didasarkan pada skala prioritas yang ditetapkan pada rapat jurusan
  26. Sarana dan prasarana cukup memadai (tersedia ruang dosen, ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan dan ruang baca, serta pusat komputer di lingkungan UB, jaringan LAN dan WiFi internet untuk penelusuran pustaka di perpustakaan pusat) yang dikelola dengan menggunakan resourches sharing.
  27. Ada kerjasama kemitraan dengan lembaga lain baik dalam penelitian maupun pengembangan pendidikan
  28. Rutinitas pendanaan /DPP
  29. Kehadiran dosen dalam proses belajar mengajar baik (> 80 %)
  30. Metode dan strategi yang digunakan dosen sesuai dengan tujuan PBM
  31. Evaluasi hasil pembelajaran berjalan baik sesuai dengan peraturan
  32. Ada evaluasi dosen setiap semester untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang dikoordinir oleh bagian pendidikan dan pengajaran Fakultas
  33. Manajemen mutu secara internal dilakukan secara periodik dan berkelanjutan
  34. Sistem penjaminan mutu mengikuti pranata yang ditetapkan oleh lembaga
  35. Telah dilakukan resource sharing pada beberapa kegiatan, misalnya saling memanfaatkan peneliti antar lembaga penelitian dan Jurusan HPT

 

 Kelemahan (Weaknesses)

  1. Fungsi dan tugas pokok hanya mengatur hal yang sifatnya umum
  2. Pelaksanaan fungsi dan tugas pokok sering tumpang tindih karena ada ketidaksamaan interpretasi
  3. Perencanaan program belum memanfaatkan hasil evaluasi eksternal
  4. Masa studi masih relatif lama, karena penyelesaian skripsi membutuhkan waktu rata-rata > 2 semester
  5. Kemampuan bahasa inggris lulusan masih rendah
  6. Mahasiswa belum memanfaatkan proses pembimbingan akademik secara baik dan hanya melakukan konsultasi saat pengisian dan perubahan KRS
  7. Keberlanjutan penelitian dan pengabdian masyarakat masih rendah
  8. Hubungan kemitraan dengan lembaga lain dan swasta masih kurang
  9. Ketersediaan jurnal ilmiah sebagai referensi bahan penelitian untuk mahasiswa masih terbatas
  10. Jumlah publikasi ilmiah di jurnal nasional dan internasional masih terbatas
  11. Kegiatan pengabdian masyarakat masih terbatas
  12. Kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa yang dipublikasikan masih terbatas
  13. Dana yang tersedia untuk kegiatan operasional Jurusan relatif kurang
  14. Pengelolaan dana sering tidak sesuai dengan rencana (skala prioritas)
  15. Kurang aktif untuk mendapatkan dana dari competitive grant
  16. Pemeliharaan berbagai infrastruktur (sarana dan prasarana) masih kurang
  17. Pengelolaan dengan sistem resourches sharing masih belum terlaksana dengan baik
  18. Pemanfaatan fasilitas, buku-buku dan jurnal di perpustakaan dan internet belum maksimal
  19. Pemanfaatan keahlian dosen dan unit-unit pendukung di Jurusan untuk melakukan kerjasama dengan lembaga lain masih belum optimal
  20. Pemanfaatan jasa layanan laboratorium untuk masyarakat masih belum maksimal
  21. Beberapa sarana dan prasarana serta koleksi perpustakaan sudah out of date
  22. Beberapa alat pendukung laboratorium sudah out of date
  23. Buku ajar dan petunjuk praktikum belum lengkap
  24. Manajemen database belum padu
  25. Jumlah mahasiswa yang mampu menghasilkan karya tulis ilmiah masih rendah

 

Kesempatan/Peluang (Opportunities)

  1. Visi, misi, sasaran dan tujuan rumusannya terbuka untuk dievaluasi
  2. Komitmen civitas akademika dan institusi untuk melaksanakan rumusan visi, misi, sasaran dan tujuan secara konsisten.
  3. Tuntutan yang tinggi dari masyarakat terhadap relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat pengguna
  4. Terdapat tuntutan pengguna agar lulusan siap pakai (bekerja)
  5. Peluang meningkatkan sarana akademik melalui dana kompetisi (competitive grant)
  6. Peluang untuk mendapatkan dana melalui kerjasama dengan lembaga lainnya.
  7. Adanya otonomi Perguruan Tinggi dan kewenangan untuk membuat peraturan pada jenjang rendah.
  8. Terdapat tawaran kerjasama dan penyediaan dana penelitian dari lembaga pemerintah dan swasta;
  9. Tersedianya internet untuk akses penelusuran pustaka;
  10. Terdapat insentif untuk menulis jurnal nasional terakreditasi dan internasional;
  11. Terdapat peluang kerjasama (kemitraan) pengabdian pada masyarakat dan penyediaan dana dari lembaga dalam dan luar PT
  12. Terdapat peluang untuk menjalin kerjasama yang lebih baik dengan masyarakat.
  13. Kebutuhan stakeholder terhadap lulusan PS Agroteknologi minat HPT cukup tinggi
  14. Terdapat peluang kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah (Dep.Pertanian, Karantina Tumbuhan, BPTPH, dll.) dalam bidang pendidikan.

 

Ancaman/Tantangan (Threats)

  1. Persaingan dengan PS dan PT lain dalam memperebutkan input mahasiswa
  2. Relevansi kualitas lulusan dengan tuntutan dan kebutuhan stakeholders
  3. Dana pemerintah semakin terbatas dan tingkat persaingan untuk memperebutkan competitive grant semakin ketat;
  4. Tuntutan yang tinggi terhadap akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan
  5. Persaingan untuk mendapatkan dana penelitian dan pengabdian masyarakat serta publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan internasional semakin ketat.
  6. Sosialisasi dan promosi belum terlaksana dengan baik terhadap calon mahasiswa baru.
  7. Restrukturisasi Program Studi menyebabkan stakeholders kurang mengenal keberadaan Jurusan HPT.
  8. Kuota yang terbatas untuk penerimaan Dosen baru.